Gambar

Rabu, 15 Mei 2013

Agama Buddha Adalah Agama Modern Yang Rasional Dan Ilmiah

Sang Buddha tidak mencegah umatnya untuk mempelajari ajaran agama lain, malah Sang Buddha mendorong umatnya untuk mempelajari dan membandingkan ajarannya dgn ajaran lain2nya. Sang Buddha berkata bahwa jika ada ajaran yg beralasan dan rasional pada agama lain, umatnya bebas untuk menghormati ajaran tersebut. Agama Buddha adalah satu2nya agama yg menyarankan umatnya untuk tidak mempercayai ajaran agama tanpa mempertimbangkannya dengan baik, harus dengan pengamatan dan analisa secara hati2, harus yakin ajaran itu cocok dgn akal budi dan mendukung untuk kebaikan diri sendiri maupun semua orang. 
Agama Buddha tidak pernah mencoba mempengaruhi umat agama lain untuk memeluk agama Buddha dengan iming2 kesembuhan, mukjijat dan keselamatan yg pilih kasih.
Agama Buddha selalu berdiri untuk kemajuan pengetahuan dan kebebasan kemanusiaan di semua tingkat kehidupan. Tidak ada ajaran Sang Buddha yg harus ditarik atau direvisi dalam menghadapi penemuan pengetahuan ilmiah modern. Semakin banyak hal2 baru yg ditemukan ilmuwan, semakin dekat mereka dengan penjelasan Sang Buddha tentang alam semesta.
Albert Eistein, Bapak Ilmu Pengetahuan Modern berkata," Jika ada agama yang dapat memenuhi kebutuhan ilmu pengetahuan modern, agama itu adalah Buddhisme"
Ajaran Sang Buddha sangat ilmiah, sangat rasional, sehingga akan menjadi suatu kebanggaan bagi seseorang dalam dunia modern untuk menyebut dirinya sebagai UMAT BUDDHA.

0 comments:

Posting Komentar